Gaji UMR Sidoarjo Terbaru, Cek Dulu!

Posted on

Gaji UMR pada masing – masing wilayah pada hakikatnya ditetapkan berbeda – beda. Sama halnya dengan gaji UMR Sidoarjo dan di daerah lain bisa dipastikan berbeda.

Penetapan atas gaji UMR di masing – masing wilayah menjadi berbeda karena tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di masing – masing wilayah.

Di Sidoarjo khususnya, dari tahun sebelumnya gaji tahun ini mengalami angka peningkatan meski fakta di lapangan banyak perusahaan yang mengalami penurunan omset.

Mengenai seperti apa informasi gaji UMR Sidoarjo terbaru, berikut informasi penting yang Anda harus tahu. Let’s check these out!

Gaji UMR Sidoarjo Terbaru

Gaji UMR Sidoarjo
Gaji UMR Sidoarjo

Berdasarkan peraturan terbaru dari Kementerian Ketenagakerjaan, ditetapkan bahwa gaji UMR Sidoarjo mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun ini, gaji UMR di wilayah kabupaten Sidoarjo mencapai angka Rp 4.293.581,85.

Suatu perusahaan wajib membayarkan upah atau gaji sesuai dengan batas minimum gaji yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tidak peduli perusahaan tersebut adalah perusahaan berskala kecil atau besar, wajib membayarkan upah atau gaji sesuai dengan ketetapan peraturan yang berlaku.

Jadi suatu perusahaan tidak diperbolehkan untuk membayar gaji karyawan di bawah angka yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang tertera pada pasal 90 ayat (1) Undang – Undang Ketenagakerjaan yang mengatakan “Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dibandingkan upah minimumnya (yang telah ditetapkan)”

Dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 15 Tahun 2018, disebutkan bahwa upah minimum yang dimaksud adalah upah yang berupa gaji ditambah dengan tunjangan yang memang harus diberikan.

Bagi perusahaan yang melanggar aturan dengan memberikan gaji yang tidak semestinya, maka sesuai dengan pasal 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, disebutkan bahwa perusahaan tersebut akan dikenakan sanksi berupa pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 4 tahun, atau dikenai denda paling sedikit 100 juta rupiah dan paling banyak 400 juta rupiah.

Ancaman ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan, melainkan juga terhadap direktur suatu perusahaan yang juga merupakan bagian dari karyawan perusahaan. Kasus seperti ini sebelumnya pernah terjadi di provinsi Jawa Timur.

Ada seorang direktur perusahaan yang dikenai sanksi hukuman penjara selama 1 tahun karena tidak merasa keberatan jika karyawannya mendapatkan gaji dibawah upah minimum yang telah ditetapkan di wilayah tersebut.

Baca : Gaji UMR Semarang Terbaru Tahun Ini

Gaji UMR Sidoarjo
Gaji UMR Sidoarjo

Namun memang tidak semua perusahaan memiliki omset yang stabil. Perusahaan yang sedang memiliki omset tidak stabil akan merasa keberatan jika harus membayar gaji karyawan sebanyak itu. Lantas bagaimana solusinya?

Solusinya adalah pemerintah memberikan opsi penangguhan pembayaran kepada perusahaan tersebut dalam menggaji karyawannya. Sesuai yang telah disebutkan dalam Pasal 90 ayat (2) Undang – Undang nomor 13 tahun 2003 yang berbunyi bahwa ;

“Pengusaha yang belum mampu melakukan pembayaran atas upah minimum terhadap karyawannya boleh melakukan upaya penangguhan”.

Namun jika masa penangguhan sudah berakhir, maka perusahaan kembali wajib membayar upah karyawan tersebut sesuai dengan upah minimum yang diharuskan namun perusahaan tidak terutang dengan kekurangan upah yang terjadi selama masa penangguhan berlangsung.

Baca juga : Gaji UMR Solo, Cek Di Sini!

Akan tetapi setiap pemilik usaha atau pemilik perusahaan harus tahu bahwa permintaan atas penangguhan upah tidak selalu disetujui oleh pemerintah daerah.

Jika perusahaan tetap membayar upah karyawan di bawah UMP atau UMK ketika penangguhan dibatalkan atau tidak disetujui maka sanksi berupa denda atau hukuman kurungan akan tetap diberlakukan.

Semua karyawan wajib mendapatkan perlakuan yang sama agar tidak dikenai sanksi. Namun perusahaan juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis karyawan yang tidak wajib menerima upah sesuai dengan ketentuan minimum tersebut, di antaranya :

  • Karyawan yang memiliki level jabatan atau pekerjaan paling rendah
  • Karyawan dengan masa kerja kurang dari satu tahun
  • Karyawan dengan status lajang atau belum menikah

Sementara untuk karyawan dengan masa kerja di atas satu tahun perlu dirundingkan berapa gaji yang pantas apakah tetap atau harus mengalami peningkatan antara pekerja dan pengusaha.

Itulah sekilas informasi mengenai gaji UMR Sidoarjo dan ketentuan pembayaran upah beserta sanksinya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.