Gaji UMR Purwokerto Terbaru Tahun Ini

Posted on

Smbc – Purwokerto merupakan ibu kota kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang memiliki penduduk sekitar 240.128 jiwa. Meskipun daerahnya kecil, banyak lapangan kerja yang bisa ditemukan di Purwokerto. Lantas, gaji UMR Purwokerto berapa sih sebenarnya?

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kepada Anda mengenai rata – rata gaji di Purwokerto dan berbagai informasi menarik lainnya tentang dunia kerja. Jadi simak terus ulasan di bawah ini!

Gaji UMR Purwokerto Terbaru Tahun Ini

Gaji UMR Purwokerto
Gaji UMR Purwokerto

Tahun ini gaji UMR Purwokerto ditetapkan berada pada angka Rp 1.905.400,00. Angka ini cukup tinggi untuk ukuran gaji daerah kabupaten seperti Purwokerto. Angka tersebut juga menjadi sebuah angka gaji yang tidak akan terlalu tinggi dipenuhi oleh setiap pemilik usaha.

Di Jawa Tengah sendiri, banyak daerah yang menetapkan kenaikan gaji UMR sebut saja di Kudus, baca : Gaji UMR Kudus Naik, Ini Datanya!

Baca juga : Gaji UMR Jawa Tengah Naik Kecil, Cuma Segini!

Namun usaha menengah juga ada yang menggaji karyawan di atas angka gaji UMR Purwokerto yang sudah ditetapkan. Semuanya tak lepas dari penetapan masing – masing perusahaan.

Ada beberapa aspek yang biasanya menjadi bahan pertimbangan bagi setiap karyawan dalam menaikkan gaji atau memberikan reward kepada karyawan, di antaranya :

1. Kemampuan memenuhi target kerja

Ikut job fair
Target kerja karyawan

Setiap perusahaan tentu memiliki target yang diberikan kepada masing – masing karyawan. Ketika seorang karyawan mampu memenuhi semua target yang telah ditugaskan kepadanya atau bahkan ada yang sampai melebihi target, maka itu artinya perusahaan wajib memberikan kompensasi berupa reward atau kenaikan gaji.

Dengan adanya reward atau kenaikan gaji tentu dapat menjadi contoh bagi karyawan lain agar mereka bisa menuntaskan pekerjaannya juga dan berhasil menjadi karyawan berprestasi.

2. Memiliki nilai ownership

Yang dimaksud memiliki nilai ownership disini bukan berarti setiap perusahaan harus berstatus sebagai kepala atau pimpinan perusahaan. Bukan demikian, melainkan karyawan harus mempunyai rasa memiliki dan menjaga perusahaan tempatnya bekerja.

Karyawan dengan nilai ownership yang baik bisa dipastikan berusaha mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan tempatnya bekerja. Karyawan yang memiliki nilai ownership kepada perusahaan juga biasanya pantang menyerah dalam menyelesaikan tugas yang dibebankan kepadanya.

Tanpa rasa kepemilikan yang tinggi, karyawan dapat berpindah dari perusahaan satu ke perusahaan lain hanya karena diiming – imingi penawaran lebih atau penawaran ekstra. Bahkan tak segan membocorkan rahasia penting perusahaan yang sebenarnya harus disimpan rapat – rapat.

Oleh karena itu ketika Anda memiliki karyawan dengan karakter ownership, maka Anda harus mempertahankannya dan jangan segan memberikan kenaikan gaji, reward atau bonus.

3. Memberikan kualitas kerja yang tak terbantahkan

Kualitas kerja karyawan
Kualitas kerja karyawan

Memperhitungkan kualitas kerja karyawan harus selalu dilakukan perusahaan. Bayangkan jika tak ada dia, bagaimana perusahaan Anda. Jika kinerja seorang karyawan terhadap semua tugas yang diemban bagus dan bahkan nyaris tanpa cela, maka Anda harus berusaha memberikan yang terbaik agar karyawan yang sulit dicari ini tidak hengkang dari perusahaan.

4. Memiliki kemampuan untuk berkembang

Coba ingat – ingat lagi atau kalau perlu buka jurnal karyawan bagaimana progress dia selama bekerja di perusahaan Anda. Apa saja yang sudah menjadi pencapaiannya selama bekerja.

Coba perhatikan juga bagaimana pertama kali dia berada di perusahaan dan bandingkan dengan rekannya yang lain bagaimana pekerjaannya. Jika memang ia adalah karyawan yang mau berkembang maka harus Anda pastikan berikan kenaikan gaji atas semua dedikasi yang sudah dia berikan.

5. Berhasil meningkatkan omset perusahaan

Meningkatkan profit bisnis
Meningkatkan profit bisnis

Kriteria yang satu ini tentu sangat dibutuhkan karena terkait dengan kelangsungan hidup perusahaan. Akan tetapi bukan berarti hanya karyawan dari divisi sales atau penjualan saja yang bisa cepat meniti karir dan mendapatkan kenaikan gaji.

Hal tersebut karena peningkatan penjualan tidak hanya bisa didapatkan karena satu divisi saja. Ada juga divisi manajemen yang berkemungkinan besar mendorong sistem penjualan, membantu branding dan promosi sehingga maksimal. Banyak posisi penting di perusahaan yang harus diapresiasi.

Itulah berbagai aspek penting dalam penetapan gaji, kenaikan gaji atau pemberian reward kepada karyawan. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang menarik dan membawa beragam manfaat untuk Anda.