Gaji UMR Palembang Naik Cukup Besar

Posted on

Smbc – Peraturan yang berkaitan dengan penetapan gaji memang berlangsung di berbagai wilayah atau daerah, termasuk di Palembang. Gaji UMR Palembang sesuai yang telah ditetapkan oleh pemerintah Palembang mengalami kenaikan.

Kalau dibandingkan dengan berbagai wilayah lain, kenaikan gaji UMR Palembang bisa dikatakan menyentuh angka maksimal. Terlebih karena UMR di Palembang tahun sebelumnya sudah sangat tinggi. Bagi Anda yang penasaran dengan gaji dan kenaikannya di Palembang, berikut informasinya yang kami dapat berikan untuk Anda!

Kenaikan Gaji UMR Palembang

Gaji UMR Palembang
Gaji UMR Palembang

Tahun 2020, gaji UMR Palembang senilai Rp 3.165.519,00 sementara pada tahun 2021 penetapan upah di wilayah Palembang naik dengan presentase 3,3% menjadi Rp 3.270.093,78. Di daerah lain, gaji UMR juga ada yang ditingkatkan meski tidak terlalu banyak.

Seperti di Jawa Timur tepatnya di Sidoarjo, banyak aspek yang menjadi pertimbangan pada akhirnya gaji UMRnya tidak signifikan. Informasinya baca : Gaji UMR Sidoarjo Terbaru, Cek Dulu!

Baca juga : Gaji UMR Kediri, Cek Disini!

Banyak hal dan alasan yang menjadi pertimbangan mengapa kenaikan upah atau gaji Palembang tahun ini tidak naik dengan effort yang maksimal. Beberapa aspek yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan dari pemerintah Palembang sehingga angka kenaikan gaji tidak terlalu besar di antaranya :

1. Kemampuan perusahaan dan kondisi keuangan

Kondisi keuangan perusahaan
Kondisi keuangan perusahaan

Skala bisnis serta kondisi financial bagi sebuah perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan perusahaan dalam membayar gaji karyawan. Selayaknya seperti pada masa pandemi seperti sekarang ini, banyak industri dan perusahaan yang terdampak covid-19.

Banyak perusahaan yang harus mengatur ulang jadwal kerja bagi karyawannya bahkan sampai tidak bisa beroperasi sebagaimana mestinya karena terdampak covid-19. Oleh sebab itu pada akhirnya kemampuan dan kondisi keuangan perusahaan tidak baik – baik saja.

Oleh sebab itu pemerintah Palembang menerapkan kenaikan upah yang mempertimbangkan dampak pandemi terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Akhirnya tidak dilakukan penetapan atau regulasi kenaikan gaji terhadap semua sektor melainkan di sektor positif saja.

Karena sebagaimana yang kita tahu ada beberapa sektor industri yang mendapatkan peluang positif akibat covid-19, seperti usaha yang bergerak dalam bidang kesehatan, penyediaan masker dan sebagainya.

Sementara di sisi lain, perusahaan yang bergerak di sektor industri yang terdampak covid-19 harus ekstra keras dalam menjalankan operasional usaha karena mereka wajib memberikan yang terbaik untuk keuangan usaha dan kesejahteraan karyawannya.

Oleh karena itu usaha yang terdampak covid-19 pun boleh mengajukan penangguhan kenaikan gaji sampai batas waktu yang telah ditentukan agar perusahaan tidak terbebani terlalu banyak, minimalisir potensi PHK dan mencegah berbagai kemungkinan buruk lainnya.

2. Regulasi pemerintah

Regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah menjadi indikator naik atau tidaknya gaji di suatu daerah atau wilayah, termasuk di Palembang. Oleh sebab itu berbagai sektor wajib ikut terhadap aturan kenaikan gaji yang ditetapkan.

Dengan aturan kenaikan upah minimum yang ditetapkan, perusahaan harus dapat menyesuaikan struktur serta skala upah bagi perusahaan. Jika pun ada kewajiban yang tak bisa dipenuhi akibat pandemi atau berbagai aspek lainnya maka perlu adanya pembicaraan atau pembahasan dengan pihak – pihak terkait.

Termasuk dengan pihak karyawan yang bersangkutan. Dengan komunikasi yang tepat, perusahaan bisa memberikan informasi terbaik kepada perusahaan. Serta karyawan juga bisa mendapatkan informasi tentang kapasitas perusahaan dalam menunaikan kewajibannya terhadap perusahaan.

3. Kelayakan hidup karyawan

Kelayakan hidup karyawan
Kelayakan hidup karyawan

Layak atau tidaknya karyawan dalam menjalankan hidup, memenuhi kebutuhan sandang juga menjadi salah satu aspek yang menjadi dasar suatu perusahaan tetap atau menaikkan gaji karyawan, demikian dengan pemerintah.

Gaji UMR Palembang tidak mengalami kenaikan angka yang signifikan karena memang gaji UMR Palembang di tahun sebelumnya masih bisa dikategorikan aman untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Oleh sebab itu demi kelangsungan hidup perusahaan dan berbagai pihak maka kenaikan angka gaji UMR Palembang tidak signifikan.

Itulah beberapa aspek yang Anda harus tahu dan pahami tentang gaji UMR Palembang beserta informasi yang berkaitan dengan alasan naik atau tidaknya suatu gaji. Semoga informasi di atas menjadi informasi yang bermanfaat dan informatif untuk Anda.