Gaji UMR Makassar, Cek Dulu!

Posted on

Smbc – Kabar gembira bagi setiap karyawan karena sejak 1 Januari 2021 kemarin memang banyak provinsi yang menetapkan upah minimum dengan kenaikan beberapa persen, tak terkecuali dengan Makassar. Lantas, gaji UMR Makassar berapa sih sebenarnya?

Mengenai kisaran gaji UMR Makassar kami akan bahas dalam informasi selengkapnya di bawah ini! Namun perlu diingat bahwa pemerintah juga masih memberikan kelonggaran terhadap mekanisme pemberlakuan kenaikan upah mengingat kondisi perekonomian negara yang saat ini belum pulih, berikut informasinya!

Kebijakan Gaji UMR Makassar

Gaji UMR Makassar
Gaji UMR Makassar

Telah diinformasikan sejak 10 November 2020 bahwa pemerintah telah menetapkan gaji UMR Makassar pada tahun 2021 ini dan akan dinaikkan sebesar 2% sehingga total kenaikannya menjadi Rp 63.831,00.

Awal UMR Makassar sebesar Rp 3.191.572,00 dengan kenaikan sebesar Rp 63.831,00 maka total gaji UMR Makassar yang berhak didapatkan oleh setiap karyawan yang bekerja dengan perhitungan gaji UMR minimal sebesar Rp 3.255.403,00.

Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan memang sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran yang berkaitan dengan gaji UMR tahun 2021 kepada para gubernur yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun inti dari surat edaran bernomor M/11/HK.04/2020 tersebut adalah tidak ada kenaikan UMP dan UMK tahun 2021 karena pandemi covid-19 sehingga tidak membebani terlalu banyak kepada pengusaha dan perusahaan.

Namun walau demikian, beberapa daerah ada yang masih tetap memberlakukan kenaikan UMR di daerahnya termasuk dengan Makassar yang mengalami kenaikan. Namun jika ada pengusaha atau perusahaan yang tidak sanggup dengan aturan kenaikan UMR tersebut, tak jadi masalah.

Jika masih belum sanggup, mereka bisa melakukan penangguhan pemberian gaji dan jika disetujui atas penangguhan tersebut tidak dibebani utang gaji.

Baca : Gaji UMR Bandung Terbaru, Naik Segini!

Untuk perusahaan yang sedang berjuang di masa sulitnya, ada beberapa tips yang perlu digarisbawahi untuk menghindari agar usaha yang dijalankan tidak bangkrut di antaranya :

1. Buat laporan keuangan

Laporan keuangan
Laporan keuangan

Laporan keuangan dapat dijadikan sebagai suatu acuan atau sumber informasi yang jelas perihal kondisi keuangan bisnis yang akan dijalankan. Laporan keuangan juga menjadi salah satu prosedur yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan evaluasi terhadap kondisi keuangan usaha Anda.

Mengenai laporan keuangan yang baik seperti apa, laporan keuangan yang baik adalah laporan keuangan yang berisi tentang data penting perusahaan terkait dengan aset, piutang, beban, serta juga pastinya perubahan modal perusahaan.

2. Hindari berhutang

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memulai usaha dengan skala kecil terlebih dahulu. Pastikan jangan Anda terobsesi dengan usaha berskala besar jika Anda masih belum punya gambaran akan dibawa kemana perusahaan Anda nantinya.

Ada beberapa alasan yang menjadi suatu latar belakang mengapa utang harus benar – benar dihindari. Alasan pertama adalah agar Anda terjebak dengan utang yang Anda miliki. Utang akan menjadi beban tersendiri yang harus dilunasi.

Terlebih jika ada unsur bunga maka mau tidak mau, sudah ada hasilnya atau belum Anda tetap harus membayar biaya bunga dan ini bukan hal yang boleh dilakukan.

Sementara jika ada potensi Anda tidak bisa melunasi utang tersebut maka mau tidak mau Anda harus membayar biaya denda keterlambatan pembayaran yang dibebankan. Hal ini tentu sangat tidak boleh terjadi pada usaha yang baru saja Anda rintis.

3. Pisahkan keuntungan dengan modal usaha

Modal usaha
Modal usaha

Selain harus memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis, Anda juga harus memisahkan antara keuntungan dengan modal usaha. Cara yang bisa Anda lakukan untuk memisahkan antara modal usaha dan keuntungan sebagai berikut :

  • Pisahkan antara anggaran untuk usaha dan anggaran pribadi Anda
  • Pisahkan rekening bank pribadi dan untuk bisnis
  • Simpan semua bukti transaksi
  • Jangan memanfaatkan fasilitas usaha untuk kepentingan pribadi Anda
  • Setiap transaksi harus Anda catat seakurat dan serapi mungkin

Dengan begitu Anda bisa tahu modal dan keuntungan Anda. Untuk pemula utamanya wajib banget melakukan hal ini agar Anda tahu potensi perkembangan usaha Anda.

Yang tak kalah penting, Anda juga harus menghitung gaji karyawan. Jika belum tahu caranya, baca : Cara Menghitung Gaji Karyawan Wajib Dipahami

Itulah informasi tentang ketentuan gaji UMR Makassar dan sedikit tips untuk pelaku usaha dalam menjalankan usaha agar tidak bangkrut. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk semua orang tentunya.