Gaji UMR Bali Naik Tahun Ini, Berapa?

Posted on

SMBC – Selain informasi tentang wisata yang banyak orang cari kalau bicara soal Bali, banyak informasi tentang gaji UMR Bali yang juga dicari – cari informasinya. Menurut keputusan Gubernur Bali, gaji UMR Bali dari tahun sebelumnya mengalami kenaikan.

Hal ini tentu dimaksudkan untuk mengupayakan terhadap peningkatan kesejahteraan karyawan dan buruh dari sebelumnya. Mengenai informasi selengkapnya tentang gaji UMR di provinsi Bali secara lengkap, berikut informasi penting yang harus Anda simak!

Informasi Gaji UMR Bali

Gaji UMR Bali
Gaji UMR Bali

Sesuai dengan keputusan Gubernur Bali nomor 495/03-M/HK/2020, gaji UMR Bali ditetapkan sebesar Rp 2.494.000,00. Tentu saja besaran ini berbeda dengan besaran upah minimum pada berbagai daerah lainnya.

Sementara untuk nilai UMK-nya sendiri, UMK Bali memiliki rincian sebagai berikut :

  • Gaji untuk kabupaten Badung Rp 2.930.092,64
  • Gaji untuk kota Denpasar Rp 2.770.300,00
  • Gaji untuk kabupaten Gianyar Rp 2.627.000,00
  • Gaji untuk kabupaten Karangasem Rp2.555.469,09
  • Gaji untuk kabupaten Jembrana Rp 2.557.102,17
  • Gaji untuk kabupaten Tabanan Rp 2.625.216,99
  • Gaji untuk kabupaten Klungkung Rp 2.538.000,00
  • Gaji untuk kabupaten Buleleng Rp 2.358.000,00
  • Gaji untuk kabupaten Bangli Rp 2.494.810,00

Baca : Perbedaan UMK dan UMR, Cek Di Sini!

Jika Anda berada di wilayah Bali atau pelancong yang berniat mencari kerja di Bali, berikut informasi cara mencari kerja di Bali yang penting Anda tahu dan pahami :

1. Melamar kerja melalui situs lowongan kerja

Situs lowongan kerja
Situs lowongan kerja

Cara konvensional yang bisa dilakukan untuk mendapatkan lowongan kerja dengan mudah yaitu mencari informasi lowongan kerja dari situs loker yang ada. Pilih wilayah pencarian lowongan di daerah Bali yang memang Anda tuju.

Pastikan Anda mencari lowongan kerja sesuai dengan background keahlian Anda sehingga dengan begitu Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion dan keahlian Anda.

Bekerja di tempat yang sesuai passion dan keahlian bisa dipastikan sangatlah menyenangkan karena Anda tidak perlu terlalu banyak menyesuaikan diri dengan bidang kerja tersebut. Jadi mencari informasi kerja secara selektif sangat diperlukan.

2. Bekerja sebagai freelancer

Ada banyak perantau di Bali yang tidak memilih bekerja secara terikat. Mereka banyak yang memilih bekerja sebagai freelancer karena berpotensi memiliki banyak waktu untuk tetap mendapatkan vibes Bali tanpa harus pergi ke tempat kerja namun tetap dapat uang.

Beberapa bidang kerja yang cocok dijadikan pekerjaan dalam memulai karir sebagai freelancer di antaranya seperti karir di bidang fotografi, videografi, web desain, sosial media marketing, akuntan, dan masih banyak lagi.

Namun pekerjaan menjadi freelancer sifatnya hanya proyek satu waktu sehingga semakin banyak pekerjaan yang Anda terima maka kesempatan meraup profit atau gaji yang besar juga semakin banyak.

Pekerjaan menjadi freelancer tentu saja kurang cocok bagi mereka yang malas mencari client. Bagi Anda yang malas mencari client dan lebih nyaman untuk selalu berada di zona nyaman, menjadi PNS akan menjadi solusi terbaik untuk Anda. Namun memang saringan masuknya sangat ketat.

Jika ada di antara Anda yang bercita – cita menjadi PNS ada pendaftaran CPNS yang dibuka setiap tahunnya dengan kuota yang berbeda, baca : Syarat Daftar CPNS yang Anda Harus Tahu!

3. Bekerja sebagai independent agent

Tips cari kerja di Bali
Tips cari kerja di Bali

Bisnis yang bertema wisata di Bali sangat banyak mulai dari menjadi pemandu wisata atau tour guide, atau menyewakan villa, paket tur dan properti.

Nah, Anda yang punya keahlian marketing bisa bekerja kepada para pemilik agent tour guide, agent hotel atau vila dengan menjadi independent agent.

Sebagai seorang independent agent biasanya Anda akan mendapatkan komisi jika berhasil mempertemukan bisnis dengan pelanggan mereka.

Jika berhasil deal dengan pelanggan yang dibawa, Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 5% – 15% dari harga yang ditawarkan.

4. Sering bergaul dalam berbagai meetup

Tak ada cara yang paling oke untuk mendapatkan informasi pekerjaan tanpa menambah atau memperluas pergaulan. Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan peluang kerja yang lebih banyak, maka yang harus Anda lakukan adalah sering – seringlah bergaul dengan semakin banyak orang.

Banyak asosiasi atau perkumpulan yang membahas berbagai macam informasi dan ada yang dihadiri oleh orang – orang dengan berbagai latar belakang. Setiap seminggu bahkan ada meetup yang diselenggarakan 3 sampai dengan 5 kali.

Jadi sering – seringlah bergaul dengan mereka dan darisana Anda juga bisa bertanya – tanya soal informasi pekerjaan yang bisa didapatkan di wilayah Bali. Atau bahkan beberapa dari mereka adalah pemilik usaha yang berkenan memperkerjakan Anda.

Itulah berbagai tips cepat dapat kerja di Bali beserta informasi tentang gaji UMR Bali. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.