Gaji Sekretaris Direktur Serta Tunjangan Saat Ini Wow Banget!

Posted on

Smbc – Salah satu posisi yang banyak diincar di sebuah perusahaan karena keren, dan pastinya memberikan sumbangsih gaji yang besar adalah posisi sebagai sekretaris. Lantas pada rata – rata perusahaan, berapa sih gaji sekretaris direktur?

Nah, di sini kita akan bisik – bisik untuk mengulas berapa gaji sekretaris direktur sehingga profesi yang satu ini seringkali menjadi jenjang karir yang sangat diperebutkan.

Kita juga akan sekaligus membahas tentang pekerjaan yang harus ditangani oleh sekretaris direktur apa saja, jadi simak terus informasinya!

Gaji Sekretaris Direktur

Gaji sekretaris direktur
Gaji sekretaris direktur

Kalau bicara soal gaji sekretaris direktur, ada beberapa hal yang menjadi penentuan gaji seorang sekretaris direktur yaitu :

  • Pendidikan
  • Performa dan kinerjanya untuk perusahaan
  • Pengalaman kerja

Untuk sekretaris dengan posisi entry level biasanya mendapatkan gaji mulai dari Rp 4.500.000,00. Pendapatan ini bisa beranjak naik menjadi Rp 5.000.000,00 jika kinerjanya semakin membaik.

Pada perusahaan besar atau pun sekretaris yang bekerja sudah lama dan perusahaan sudah mengetahui kinerja serta kemampuan sekretaris tersebut, bahkan gajinya bisa mencapai angka di atas Rp 10.000.000,00.

Adapun sebagaimana yang disebutkan di atas, gaji sekretaris direktur untuk entry level sama dengan UMR salah satu wilayah yaitu Tangerang. Baca : Gaji UMR Tangerang Ini Daftarnya

Baca juga : Gaji UMR Padang Terbaru Tahun Ini

Sebagai seorang sekretaris direktur, tentu banyak tugas yang harus Anda selesaikan. Adapun tugas sekretaris direktur yang Anda harus selesaikan meliputi :

1. Mengatur dan mencatat hasil rapat

Tugas sekretaris direktur
Tugas sekretaris direktur

Dalam sebuah rapat perusahaan tidak hanya jajaran direksi dan divisi tertentu saja yang harus bergabung, sekretaris juga demikian. Tugasnya sebagai berikut :

  • Bekerja sama dengan pimpinan untuk merencanakan rapat
  • Menerima agenda rapat dari panitia
  • Menyebarkan agenda rapat
  • Membuat minutes of meeting dan menyebarkannya jika sudah disetujui
  • Memastikan keputusan rapat telah dilaksanakan

2. Melakukan pencatatan administrasi

Sekretaris memiliki tanggung jawab dalam melakukan pencatatan administrasi. Beberapa pekerjaan administrasi yang dimaksud terdiri atas pencatatan aktivitas organisasi,

memastikan kontrak karyawan serta management yang up to date, mengarsipkan notulen serta laporan dan persiapan berbagai jenis dokumen terkait.

Sekretaris dalam pencatatan administrasi juga harus menyelesaikan tugas menyusun daftar nama dan kontak yang berguna bagi perusahaan seperti pemerintah, investor, pihak eksternal dan juga petinggi perusahaan lainnya.

3. Komunikasi terarah dengan semua pihak terkait

Kemampuan komunikasi sekretaris
Kemampuan komunikasi sekretaris

Skill komunikasi juga wajib dimiliki seorang sekretaris karena nantinya banyak langkah koordinasi yang seorang sekretaris harus lakukan. Sekretaris harus berkomunikasi dengan atasan, partner kerja atasan, dan berbagai pihak di berbagai devisi.

Bahkan terkadang dengan gaji sekretaris direktur yang diberikan, seorang sekretaris direktur juga harus menjadi penengah komunikasi yang terjalin antara pimpinan perusahaan satu dengan perusahaan lain atau malah menjadi penengah negosiasi antar perusahaan.

Oleh sebab itu ilmu komunikasi seringkali menjadi salah satu alat test pada calon sekretaris. Bahkan banyak lulusan ilmu komunikasi atau public relation yang melanjutkan karir selepas kuliah menjadi sekretaris direktur.

4. Memastikan persyaratan hukum

Sebagai karyawan yang sehari – harinya harus mengarsipkan semua dokumen penting, maka seorang sekretaris juga memiliki tugas dalam memastikan apakah suatu dokumen sudah memenuhi persyaratan hukum atau tidak.

Sekretaris juga wajib memastikan bahwa apa yang sudah tertulis pada semua dokumen terkait sesuai atau tidak dengan aturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Ketentuan hukum yang berlaku sendiri tidak hanya berupa hukum negara saja.

Lebih dari itu, sekretaris juga harus memastikan kalau setiap dokumen serta keputusan yang telah diambil jauh dari pelanggaran hukum agar tidak ada kerugian yang didapatkan perusahaan di kemudian hari.

5. Memastikan persediaan perlengkapan kantor

Tugas sekretaris direktur
Tugas sekretaris direktur

Pada beberapa perusahaan, sekretarisnya juga bertanggung jawab dalam memastikan ketersediaan perlengkapan kantor. Sekretaris direktur tersebut memiliki kewajiban tambahan untuk mencatat perlengkapan apa saja yang masih tersedia, sudah habis dan masih dibutuhkan.

Kemudian sekretaris akan kembali meneruskan catatan kebutuhan tersebut ke orang lain yang sudah memiliki tugas membeli peralatan atau kebutuhan yang dimaksud.

Jadi itulah daftar gaji sekretaris direktur yang perlu Anda tahu dan pahami. Mungkin Anda ingin menjadi sekretaris direktur? Persiapkan diri Anda sedari sekarang!