Gaji Office Boy, Berapa?

Posted on

SMBC – Pekerjaan menjadi office boy atau OB merupakan salah satu bidang kerja yang memiliki tugas dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja atau perusahaan tempatnya bekerja. Pekerjaan ini rata – rata dicari oleh orang yang baru lulus SMA atau SMK sederajat. Lantas gaji Office Boy berapa sebenarnya?

Tak banyak kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Office Boy. Bahkan fresh graduate pun bisa melamar. Oleh sebab itu pekerjaan ini sangat sering dijadikan pelarian bagi mereka yang sedang butuh – butuhnya pekerjaan namun masih belum memiliki pengalaman kerja. Berikut informasi gaji Office Boy yang Anda harus tahu!

Gaji Office Boy di Perusahaan

gaji Office Boy
Gaji Office Boy

Seorang Office Boy memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam memanagement kebersihan lingkungan kerja. Seorang Office Boy memiliki tugas harian, mingguan sampai dengan insidental yang harus dilaksanakan.

Mengenai besaran gajinya, seorang Office Boy memiliki gaji mulai dari 2,5 juta rupiah sampai dengan 3,8 juta rupiah. Semua itu tergantung perusahaan tempat ia bekerja, dan pastinya UMR di lingkungan kerja yang bersangkutan.

Seperti contohnya gaji Office Boy di Jakarta dengan di Jogja yang berbeda. Di Jakarta, gaji Office Boy berkisar antara 3,5 juta rupiah sampai dengan 3,8 juta rupiah. Sementara di Jogja, gaji seorang Office Boy berkisar antara 2,5 – 2,8 jutaan rupiah.
Baca : Cara Menghitung Gaji Karyawan Wajib Dipahami

Mengenai tugas – tugasnya, tugas harian seorang Office Boy di antaranya :

  • Membersihkan dan merapikan kursi, komputer, meja kerjas serta berbagai macam perlengkapan kerja karyawan yang memang dibutuhkan untuk menunjang suasana kondusif di lingkungan kerja.
  • Membersihkan karpet, melakukan vacuum pada bagian karpet serta lantai di ruang kerja yang ditugaskan menjadi bagian Office Boy yang bersangkutan untuk ditangani.
  • Menyiapkan makan siang dan minum untuk karyawan.
  • Mencuci semua perlengkapan makan dan minum yang selesai digunakan karyawan kantor sesuai tugas yang telah disepakati bersama
  • Membereskan semua perlengkapan makan setelah karyawan selesai melakukan makan siangnya
  • Membereskan gelas minum setelah selesai makan siang
  • Membereskan semua perlengkapan yang digunakan oleh karyawan setelah karyawan pulang
  • Jika ada sampah yang harus dibereskan, wajib dibuang di area yang sudah ditentukan sebagai tempat pembuangan sampah akhir
  • Vacuum karpet beserta lantai secara bergantian satu sama lain

Seorang Office Boy yang bertugas dalam management kebersihan lingkungan perusahaan memiliki beberapa tugas mingguan yang terdiri atas :

  • Membersihkan kaca yang terdapat di ruang kerja. Pekerjaan ini biasanya dilakukan 2 kali setiap minggunya
  • Melakukan perawatan tanaman seperti halnya menyirami atau memindahkan ke tempat yang sesuai. Pekerjaan ini juga dilakukan paling tidak dua kali dalam satu minggu.
  • Melakukan pembersihan ruang secara teratur ketika menjelang liburan
Tugas Office Boy
Tugas Office Boy

Mereka juga harus melaksanakan tugas insidental yang harus selalu sedia ketika memang tenaganya diperlukan. Tugas insidental seorang Office Boy meliputi :

  • Menyiapkan makan serta minum jika ada tamu perusahaan
  • Menyiapkan makan serta minum ketika akan diadakan rapat
  • Mempersiapkan ruang rapat atau ruang pertemuan yang akan digunakan
  • Melaksanakan tugas lain sesuai dengan permintaan karyawan pada divisi terkait, semisal mengambilkan dokumen, fotocopy dan yang lainnya
  • Memindahkan kursi, meja atau berbagai perabot lain yang memang diperlukan
  • Melaksanakan berbagai tugas yang memang harus dilaksanakan atau diinstruksikan oleh pihak koordinator Office Boy atau pihak staff

Baca : Perbedaan UMK dan UMR, Cek Di Sini!

Office Boy secara umum memiliki jam kerja normal sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 waktu setempat. Hanya saja terkadang ketika pekerjaan tidak selesai maka ada jam kerja tambahannya. Mereka dituntut datang lebih pagi juga kalau dibandingkan dengan staff atau karyawan pada divisi lain.

Sementara waktu kepulangannya paling akhir setelah karyawan dari divisi lain beserta para staff pulang. Hal ini karena tugas mereka yang memang kompleks untuk memastikan semua ruang dan perlengkapan bersih sebelum ditinggal pulang.

Untuk fresh graduate, pekerjaan menjadi seorang Office Boy termasuk salah satu pekerjaan yang sangat menyenangkan. Terlebih seorang Office Boy juga bisa berinteraksi di lingkungan kerja dengan karyawan pada divisi yang lain.

Anda yang suka bersih – bersih tentu akan menganggap bahwa pekerjaan ini menjadi sebuah bidang kerja yang sangat menyenangkan. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.